Prosedur Pengisian KRS

Prosedur PMK saat ini menggunakan fasilitas SIAKAD bagi mahasiswa tahun 2008 dan setelahnya dan fasilitas STARMIK bagi mahasiswa tahun akademik 2007 dan sebelumnya. Ketentuan PMK diatur diuraikan sebagai berikut:

  1. Ketentuan umum:
  • Konsultasi dengan dosen PA (Pembimbing Akademis) wajib untuk dilakukan.
  • Pengambilan Mata Kuliah melalui SIAKAD dan STARMIK harus dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan cara:
    • Menggunakan fasilitas komputer yang disediakan di Lab. Komputer Fakultas Ekonomi UNS pada Masa Pengambilan Mata Kuliah (sesuai jadwal) dengan membawa form hasil konsultasi yang sudah ditandatangani oleh dosen PA.
    • Menggunakan fasilitas online pada web http://siakad.uns.ac.id
  • Pengambilan SKS harus berdasarkan IP semester. Uraian selengkapnya terdapat dalam Evaluasi Hasil Studi (BAB IV).
  • Mahasiswa tahun 2007 dan sebelumnya yang menggunakan fasilitas STARMIK harus mengambil kelas berdasarkan satuan NIM sebagai berikut:

Tabel 6.1. Sistem Pengambilan Mata Kuliah Berdasarkan Satuan NIM Menggunakan Fasilitas STARMIK

Sistem Pengambilan Mata Kuliah

CATATAN:
Mata Kuliah yang terdiri dari 6 atau 7 kelas diatur sbb:

  • 5 kelas (A s.d. E) untuk mahasiswa semester pokok dengan ketentuan sebagaimana tersebut di atas.
  • Kelas F & G disediakan khusus untuk mahasiswa yang mengulang, make-up dan belum pernah mengambil.
  • Mahasiswa yang mengulang/make-up dibatasi per kelas maksimal 50 peserta. Apabila lebih dari itu akan dibuka lagi kelas baru.
  • Mahasiswa yang mengulang/make-up tidak diperbolehkan mengambil kelas A s.d. E (untuk mata kuliah yang terdiri dari 6/7 kelas). Apabila ada yang terbukti mengambil di kelas tersebut maka akan didrop langsung di komputer Sub Bagian Pendidikan.
  • Mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah yang jadwalnya bersamaan.
  • Sebagai acuan PMK, mahasiswa dipersilahkan memperhatikan pedoman PMK, kurikulum, jadwal

CATATAN:
Ketentuan No. 1) s.d. 5) tersebut di atas sudah diatur secara otomatis pada program komputer dan daftar mata kuliah yang telah disediakan.

  1. Alur Proses Pengambilan Mata Kuliah di Lab. Komputer FE UNS
  • Mahasiswa wajib melakukan konsultasi dengan Dosen PA dengan membawa formulir KRS kosong rangkap 3 yang bisa diambil di bagian pendidikan. Lembar KRS tersebut wajib ditandatangani oleh dosen PA sebagai bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan sudah melakukan konsultasi. Kalau dosen PA tidak bisa ditemui, mahasiswa bisa melakukan konsultasi dengan pengelola jurusan.
  • Sebelum memasuki ruangan entry mahasiswa harus sudah menentukan dengan pasti mata kuliah yang akan diambil. Untuk itu mahasiswa diminta mencermati kurikulum, mata kuliah yang ditawarkan dan jadwal yang telah tersedia. Apabila ada keraguan atau kesulitan dalam menentukan mata kuliah yang akan diambil mahasiswa disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pembimbing akademik.
  • Mahasiswa memasuki ruang entry dengan menyerahkan formulir hasil konsultasi yang sudah ditandatangani oleh dosen PA, copy kuitansi SPP semester/atau penggantinya dan Kartu Mahasiswa kepada petugas.
  • Mahasiswa meng-entry-kan mata kuliah dengan cara meng-klik (memasukkan kode) mata kuliah yang dikehendaki sesuai dengan daftar mata kuliah yang sudah ditetapkan oleh program komputer selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan password yang tercantum dalam KHS masing-masing.
  • Apabila terdapat kesulitan teknis mahasiswa dipersilahkan bertanya kepada petugas pemandu yang telah disiapkan di ruang entry.
  • Setelah selesai meng-entry-kan mata kuliah, mahasiswa harus segera keluar dengan tertib melalui pintu yang sudah ditentukan dengan mendapatkan KRS sementara dan di-cap SUDAH PMK.

CATATAN:

  • Mahasiswa melakukan PMK melalui komputer sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  • Mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen PA.
  1. Sanksi
  • Mahasiswa yang terpaksa melakukan PMK di luar jadwal masih diberikan kesempatan mengambil mata kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku setelah mendapatkan ijin khusus dari pimpinan jurusan/program dengan mengajukan alasan dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengambilan mata kuliah di luar jadwal hanya bisa dilayani maksimal 1 (satu) minggu setelah PMK selesai dilakukan. Setelah masa 1 (satu) minggu lewat, mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah semester tersebut (mendapat 0 SKS) dan seluruh aktivitas dan prestasi akademik yang dilakukan mahasiswa tersebut tidak akan diakui.
  • Mahasiswa yang melakukan PMK di luar jadwal sebagaimana tersebut pada butir (1) namun tidak dapat memberikan alasan dan bukti keterlambatan yang dapat dipertanggungjawabkan dikenai sanksi: hanya boleh mengambil maksimum 12 SKS. Pengambilan mata kuliah untuk hal ini dilakukan dengan ijin khusus yang ditanda tangani mahasiswa yang bersangkutan dan pimpinan jurusan /program dan akan dilakukan oleh petugas setelah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan jurusan.
  • Mahasiswa yang tidak memasukkan data PMK-nya secara mandiri ke dalam komputer pada tempat dan waktu yang telah ditentukan (terbukti namanya tidak tercantum dalam Daftar Peserta Mata Kuliah), maka mahasiswa yang bersangkutan dikenai sanksi: tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah (mendapat 0 SKS) dan seluruh aktivitas dan prestasi akademik yang dilakukan mahasiswa tersebut tidak akan diakui.