Peraturan Akademik

A. ADMINISTRASI KULIAH
1. Pembayaran SPP dan Daftar Ulang
Selama studi, mahasiswa wajib membayar Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) dan mendaftar ulang setiap awal semester secara online.
Prosedur pembayaran SPP dan daftar ulang:

  1. Mahasiswa mengecek kepastian status aktif pada semester terakhir (semester yang lalu),
  2. Mahasiswa baru dan lama membayar SPP pada loket pembayaran di Bank yang ditunjuk,
  3. Mahasiswa menggunakan fasilitas online pada http://siakad.uns.ac.id dan login menggunakan PIN yang diberikan oleh bank kemudian mengisi form registrasi/biodata.

2. Prosedur Pengambilan Mata Kuliah (PMK)
Prosedur PMK saat ini menggunakan fasilitas SIAKAD bagi mahasiswa tahun 2008 dan setelahnya dan fasilitas STARMIK bagi mahasiswa tahun akademik 2007 dan sebelumnya. Ketentuan PMK diatur diuraikan sebagai berikut:

  1. Ketentuan umum:
  • Konsultasi dengan dosen PA (Pembimbing Akademis) wajib untuk dilakukan.
  • Pengambilan Mata Kuliah melalui SIAKAD dan STARMIK harus dilaksanakan secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dengan cara:
    • Menggunakan fasilitas komputer yang disediakan di Lab. Komputer Fakultas Ekonomi UNS pada Masa Pengambilan Mata Kuliah (sesuai jadwal) dengan membawa form hasil konsultasi yang sudah ditandatangani oleh dosen PA.
    • Menggunakan fasilitas online pada web http://siakad.uns.ac.id
  • Pengambilan SKS harus berdasarkan IP semester. Uraian selengkapnya terdapat dalam Evaluasi Hasil Studi (BAB IV).
  • Mahasiswa tahun 2007 dan sebelumnya yang menggunakan fasilitas STARMIK harus mengambil kelas berdasarkan satuan NIM sebagai berikut:

Tabel 6.1. Sistem Pengambilan Mata Kuliah Berdasarkan Satuan NIM Menggunakan Fasilitas STARMIK

Sistem Pengambilan Mata Kuliah

CATATAN:
Mata Kuliah yang terdiri dari 6 atau 7 kelas diatur sbb:

  • 5 kelas (A s.d. E) untuk mahasiswa semester pokok dengan ketentuan sebagaimana tersebut di atas.
  • Kelas F & G disediakan khusus untuk mahasiswa yang mengulang, make-up dan belum pernah mengambil.
  • Mahasiswa yang mengulang/make-up dibatasi per kelas maksimal 50 peserta. Apabila lebih dari itu akan dibuka lagi kelas baru.
  • Mahasiswa yang mengulang/make-up tidak diperbolehkan mengambil kelas A s.d. E (untuk mata kuliah yang terdiri dari 6/7 kelas). Apabila ada yang terbukti mengambil di kelas tersebut maka akan didrop langsung di komputer Sub Bagian Pendidikan.
  • Mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah yang jadwalnya bersamaan.
  • Sebagai acuan PMK, mahasiswa dipersilahkan memperhatikan pedoman PMK, kurikulum, jadwal

CATATAN:
Ketentuan No. 1) s.d. 5) tersebut di atas sudah diatur secara otomatis pada program komputer dan daftar mata kuliah yang telah disediakan.

  1. Alur Proses Pengambilan Mata Kuliah di Lab. Komputer FE UNS
    • Mahasiswa wajib melakukan konsultasi dengan Dosen PA dengan membawa formulir KRS kosong rangkap 3 yang bisa diambil di bagian pendidikan. Lembar KRS tersebut wajib ditandatangani oleh dosen PA sebagai bukti bahwa mahasiswa yang bersangkutan sudah melakukan konsultasi. Kalau dosen PA tidak bisa ditemui, mahasiswa bisa melakukan konsultasi dengan pengelola jurusan.
    • Sebelum memasuki ruangan entry mahasiswa harus sudah menentukan dengan pasti mata kuliah yang akan diambil. Untuk itu mahasiswa diminta mencermati kurikulum, mata kuliah yang ditawarkan dan jadwal yang telah tersedia. Apabila ada keraguan atau kesulitan dalam menentukan mata kuliah yang akan diambil mahasiswa disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan pembimbing akademik.
    • Mahasiswa memasuki ruang entry dengan menyerahkan formulir hasil konsultasi yang sudah ditandatangani oleh dosen PA, copy kuitansi SPP semester/atau penggantinya dan Kartu Mahasiswa kepada petugas.
    • Mahasiswa meng-entry-kan mata kuliah dengan cara meng-klik (memasukkan kode) mata kuliah yang dikehendaki sesuai dengan daftar mata kuliah yang sudah ditetapkan oleh program komputer selama kurang lebih 10 menit dengan menggunakan password yang tercantum dalam KHS masing-masing.
    • Apabila terdapat kesulitan teknis mahasiswa dipersilahkan bertanya kepada petugas pemandu yang telah disiapkan di ruang entry.
    • Setelah selesai meng-entry-kan mata kuliah, mahasiswa harus segera keluar dengan tertib melalui pintu yang sudah ditentukan dengan mendapatkan KRS sementara dan di-cap SUDAH PMK.

 

CATATAN:

  • Mahasiswa melakukan PMK melalui komputer sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  • Mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen PA.
  1. Sanksi
    • Mahasiswa yang terpaksa melakukan PMK di luar jadwal masih diberikan kesempatan mengambil mata kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku setelah mendapatkan ijin khusus dari pimpinan jurusan/program dengan mengajukan alasan dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Pengambilan mata kuliah di luar jadwal hanya bisa dilayani maksimal 1 (satu) minggu setelah PMK selesai dilakukan. Setelah masa 1 (satu) minggu lewat, mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah semester tersebut (mendapat 0 SKS) dan seluruh aktivitas dan prestasi akademik yang dilakukan mahasiswa tersebut tidak akan diakui.
    • Mahasiswa yang melakukan PMK di luar jadwal sebagaimana tersebut pada butir (1) namun tidak dapat memberikan alasan dan bukti keterlambatan yang dapat dipertanggungjawabkan dikenai sanksi: hanya boleh mengambil maksimum 12 SKS. Pengambilan mata kuliah untuk hal ini dilakukan dengan ijin khusus yang ditanda tangani mahasiswa yang bersangkutan dan pimpinan jurusan /program dan akan dilakukan oleh petugas setelah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan jurusan.
    • Mahasiswa yang tidak memasukkan data PMK-nya secara mandiri ke dalam komputer pada tempat dan waktu yang telah ditentukan (terbukti namanya tidak tercantum dalam Daftar Peserta Mata Kuliah), maka mahasiswa yang bersangkutan dikenai sanksi: tidak diperbolehkan mengambil mata kuliah (mendapat 0 SKS) dan seluruh aktivitas dan prestasi akademik yang dilakukan mahasiswa tersebut tidak akan diakui.

B. SELANG STUDI
Secara terencana mahasiswa diperbolehkan berhenti mengikuti kuliah selama semester tertentu sebelum program studinya selesai. Adapun ketentuan tentang selang studi sesuai dengan SK Rektor UNS No. 553/H.27/PP/2009 adalah sebagai berikut:

  • Mahasiswa selang studi adalah mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik sebelum program studi selesai, kemudian kembali mengikuti kegiatan akademik dengan seijin rektor atas usul dekan.
  • Selang studi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dimasukkan dalam perhitungan penyelesaian batas waktu studi dan hanya dapat diberikan selama 2 (dua) semester.
  • Selama masa studinya, mahasiswa hanya diperkenakan mengambil selang paling banyak 4 (empat) semester, yakni 2 (dua) semester tidak diperhitungkan masa studinya dan   2 (dua) semester yang lain diperhitungkan masa studinya dengan kredit 0 (nol) SKS.
  • Permohonan ijin hanya dapat diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan setelah menempuh kuliah paling sedikit 2 (dua) semester.
  • Mahasiswa selang tetap diwajibkan membayar uang SPP semester yang bersangkutan tanpa uang laboratorium.
  • Mahasiswa yang aktif kembali, diberi kesempatan merencanakan studinya pada semester tersebut dengan beban sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) kredit.
  1. Petunjuk pelaksanaan selang studi diatur lebih lanjut oleh rektor.

C. TIDAK AKTIF STUDI

  1. Mahasiswa tidak aktif studi adalah mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik di luar ketentuan yang diatur dalam Pasal 27 dinyatakan sebagai yang mengambil program studi untuk semester yang bersangkutan dengan kredit 0 (nol), dan wajib membayar SPP serta uang laboratorium.
  2. Mahasiswa yang meninggalkan kegiatan akademik sampai 5 (lima) semester diperkenakan mengikuti kegiatan akademik kembali setelah melalui penilaian kelayakan sesuai dengan peraturan fakultas yang bersangkutan, dengan catatan bahwa batas waktu studi tidak bertentangan dengan ketentuan BAB IV Pasal 7, Pasal 8, Pasal 9.
  3. Ketentuan sebagaimana dimaksud ayat (2), tidak berlaku bagi mahasiswa yang sejak semester 1 (satu) tidak melakukan kegiatan akademik.
  4. Mahasiswa yang berhenti mengikuti kegiatan akademik lebih dari 5 (lima) semester tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik kembali dan dinyatakan keluar (berhenti) dari statusnya sebagai mahasiswa.
  5. Ketentuan tidak aktif studi untuk mahasiswa program diploma, program studi magister, program studi doktor, dan program pendidikan profesi diatur dalam ketentuan sendiri.

D. PERPANJANGAN STUDI
Mahasiswa dimungkinkan diberi tambahan waktu studi di luar waktu yang disediakan paling lama 1 (satu) semester dan 3 bulan dengan syarat:

  • Dalam masa studi yang ditentukan mahasiswa belum menyelesaikan studi:
  • 14 semester untuk S-1 Reguler,
  • 8 semester untuk S-1 Swadana Transfer.
  • Mahasiswa telah mengajukan proposal skripsi dan telah disetujui oleh pembimbing skripsi.
  1. Semua mata kuliah selain skripsi dan tugas akhir telah lulus.

E. PENDAFTARAN WISUDA ONLINE DAN PEROLEHAN IJAZAH
endaftaran wisuda dilaksanakan secara online dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mendaftar melalui web site www.uns.ac.id dan klik Pendaftaran Wisuda,
  2. Mengisi form biodata dengan teliti dan upload foto berwarna (tipe jpg atau jpeg dengan ukuran maksimal 100 kb dengan ketentuan pakaian sesuai dengan ijazah ) dan dicetak,
  3. Membayar biaya wisuda melalui bank yang ditunjuk,
  4. Menyerahkan persyaratan penerbitan ijazah dan wisuda ke petugas administrasi jurusan yang terdiri dari:
    1. Surat keterangan lulus/berita acara kelulusan dari program studi/jurusan,
    2. Copy Ijazah SMU/SMK/MA/Diploma bagi calon wisudawan sarjana yang telah disyahkan/dilegalisir oleh yang berwenang,
    3. Copy sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450/Bukti Kelulusan EAP dari UPT P2B,
    4. Kuitansi asli pembayaran SPP untuk semester terakhir (pada saat mahasiswa dinyatakan lulus),
    5. Pas foto hitam putih DOP, bukan digital, dan tidak berkaca mata ukuran 4×6 (disebaliknya ditulis Nama dan NIM) sebanyak 2 lembar,
      • Pakaian untuk pria: Berjas, berdasi, rapi dan tidak gondrong
      • Pakaian untuk wanita: Berkebaya ( sanggul ) atau berjilbab sesuai ketentuan
    1. Print out biodata wisudawan 2 lembar,
    2. Surat keterangan selang/perpanjangan studi dan surat keterangan/bukti tanda terima penyerahan laporan tesis/skripsi dari instansi tempat penelitian,
    3. Surat keterangan bebas administrasi: pinjaman Kopma, pembayaran biaya pondokan asrama mahasiswa, perpustakaan, penyerahan skripsi/tugas akhir/tesis/desertasi,
    4. Surat bebas tanggungan beasiswa dari Pembantu Dekan III fakultas masing-masing.
  1. Menyerahkan Print Out Biodata, Pasfoto hitam putih 4 X 6 sebanyak 2 lembar dop, dan copy Ijazah sesuai ketentuan butir 4.b ke Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik Universitas Sebelas Maret.

Setelah semua ketentuan dan pendaftaran dilaksanakan, mahasiswa menghadiri wisuda sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan universitas. Ijazah akan diberikan kepada wisudawan/wisudawati pada saat wisuda.

F. LEGALISASI  IJAZAH DAN TRANSKRIP
Legalisasi fotocopy ijazah dan transkrip akademik dilayani oleh Sub Bagian Kemahasiswaan dengan persyaratan:

  1. Menyerahkan fotocopy dan atau transkrip akademik sejumlah maksimal 10 Eksemplar,
  2. Menunjukkan ijazah atau transkrip akademik asli,
  3. Mendaftarkan/mengisi data alumni di CDC.

G. PINDAH JURUSAN DALAM FAKULTAS EKONOMI
1. Pindah jurusan tanpa melalui SNMPTN
Syarat:

  • Mengajukan permohonan kepada Rektor melalui Dekan,
  • Diajukan sebelum masa heregistrasi berakhir dan sebelum masa perkuliahan semester III berlangsung,
  • Skor SPMB jurusan yang dihendaki lebih rendah atau sama dengan skor jurusan asal,
  • Mendapatkan rekomendasi tes psikologi yang diselenggarakan Unit Bimbingan Konseling Mahasiswa  (UBKM) UNS,
  • Daya tampung jurusan yang bersangkutan masih memungkinkan,
  • IP Kumulatif minimum 3,00,
  • Disetujui oleh jurusan yang dituju.

2. Pindah Jurusan melalui SNMPTN
Syarat:

  1. Mengajukan permohonan akreditasi terhadap mata kuliah yang telah ditempuh dilampiri dengan hasil yang telah diperoleh kepada jurusan.
  2. Mahasiswa S-1 Reguler Fakultas Ekonomi UNS yang pindah jurusan lain dalam Fakultas Ekonomi UNS akan diakui perolehan SKS-nya untuk mata kuliah yang sama dan telah lulus.
  3. Mahasiswa D-3 Fakultas Ekonomi UNS yang pindah pada program S-1 Reguler akan diakui perolehan SKS-nya untuk mata kuliah yang sama dan telah memperoleh nilai minimum 3.

H. PINDAHAN DARI FAKULTAS EKONOMI PERGURUAN TINGGI NEGERI (PTN) LAIN
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dari PTN lain dapat pindah ke FE UNS dengan syarat (SK Rektor UNS     No. 553/H.27/PP/2009):

  1. Jurusan/program studi dari mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan jurusan/ program studi di Universitas Sebelas Maret dengan peringkat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi minimal sama,
  2. Mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan beban kredit paling sedikit 40 SKS dan maksimal 60 SKS, dengan Indeks Prestasi Kumulatif  sesuai dengan ketentuan Fakultas,
  3. Dengan tidak mengurangi ketentuan tersebut butir (b) di atas, mahasiswa yang bersangkutan masih harus menempuh matakuliah-matakuliah yang diwajibkan oleh jurusan/program studi di Universitas Sebelas Maret,
  4. Alasan permohonan pindah cukup kuat dengan disertai keterangan dari instansi yang berwenang,
  5. Lama studi mahasiswa yang bersangkutan yang telah ditempuh di perguruan tinggi asal tetap diperhitungkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,
  6. Daya tampung jurusan/program studi yang bersangkutan masih memungkinkan,
  7. Mahasiswa yang bersangkutan harus mendapat Surat Rekomendasi Baik dari Pimpinan perguruan tinggi asal,
  8. Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah secara tertulis kepada rektor universitas dan tembusan kepada dekan fakultas yang dituju, dengan dilampiri semua persyaratan yang diperlukan,
  9. Rektor dapat menerima mahasiswa pindahan atas persetujuan dekan, ketua jurusan/program studi.

I. KARTU TANDA MAHASISWA (KTM)

  1. Fungsi KTM
    Sebagai kartu tanda pengenal/identitas mahasiswa UNS.
  1. Kekeliruan dalam Data KTM
    • Mahasiswa menyerahkan KTM yang keliru dan foto berwarna 4×6=1 lembar ke Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS, paling lambat 1 minggu setelah penerimaan,
    • Menyerahkan pembetulan data,
    • KTM pengganti jadi dan dapat diambil di Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS setelah 60 hari (tanpa dipungut bayaran).
  2. Kerusakan KTM
    • Menyerahkan KTM yang rusak dan surat pengantar dari fakultas ke Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS,
    • Menyerahkan foto berwarna ukuran 4×6= 1 lembar dan foto hitam putih 3×4= 1 lembar untuk KTM sementara,
    • Mengisi data pengajuan pembuatan KTM,
    • Membayar biaya pembuatan KTM sesuai ketentuan,
    • Menerima tanda terima pembuatan KTM dan KTM sementara,
    • KTM jadi dan dapat diambil di Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS setelah 60 hari dengan menyerahkan tanda terima pembuatan KTM.
  3. Kehilangan KTM
    • Membuat surat keterangan/pengantar dari Sub Bagian Kemahasiswaan Fakultas dan menyerahkan surat kehilangan dari kepolisian ke Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS,
    • Menyerahkan foto berwarna ukuran 4×6= 1 lembar dan foto hitam putih 3×4= 1 lembar untuk KTM sementara,
    • Mengisi data pengajuan pembuatan KTM,
    • Membayar biaya pembuatan KTM sesuai dengan ketentuan,
    • Menerima tanda terima pembuatan KTM dan KTM sementara,
    • KTM jadi dan dapat diambil di Bagian Pendidikan Kantor Pusat UNS setelah 60 hari dengan menyerahkan tanda terima pembuatan KTM.